Kamis, 28 November 2013

Tugas Softskill Ekonomi Koperasi 3

KOPERASI KARYAWAN
PT. CITRA ABADI SEJATI

Koperasi di Indonesia, menurut UU tahun 1992, didefinisikan sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.
 Koperasi yang kami amati adalah koperasi berbentuk koperasi Konsumsi. Koperasi Konsumsi didirikan untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya. Yang pasti barang kebutuhan yang dijual di koperasi harus lebih murah dibantingkan di tempat lain, karena koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya.
KOPERASI KARYAWAN yang kami amati ini tepatnya berada di Jl, Raya Jonggol Kampung Sawah Cileungsi, Kab. Bogor. Adapun pertanyaan yang kami ajukan adalah sebagai berikut :

·         Sejak kapan didirikannya KOPERASI KARYAWAN ?
·         Apa sebab didirikannya KOPERASI KARYAWAN ?
·         Siapa saja anggotanya ?
·         Sejauh mana Koperasi ini berkembang ?

Jawaban Narasumber ( Bp. Wakhroji) :
KOPERASI KARYAWAN didirikan pada tanggal 8 februari 1991, koperasi inii didirikan dengan alasan memningat banyaknya kepentingan para karyawan saat itu dalam hal penyediaan kebutuhan pokok barang dan jasa. Serta sebagai mitra bagi perusahaan bagi perusahaan untuk bertransaksi dengan koperasi dalam rangka memperkuat perekonomian di internal karyawan dan menghindari praktek/ usaha yang kurang sehat/ rentenir. Adapun anggotanya adalah sebagai berikut :

Susunan Pengurus
Ketua : Bp. Mustopa
Wakil Ketua :Bp. Wakhroji
Sekretaris 1 : Ibu Purwanti
Sekretaris 2 : Bp. Tarmizun
Badan Pengawas
Ketua : Bp. Amron Henry P
Anggota 1: Bp. Edi Pranoto
Anggota 2 : Ibu Yuyun

Adapun perkembangan Koperasi bisa di lihat dari laporan keuangan sebagai berikut :



 

  • LAMPIRAN Bukti Foto
 
 


Tidak ada komentar: