Minggu, 02 Desember 2012

Pengantar Bisnis Minggu 8 dan 9


Tugas Minggu ke-8 dan 9

      Apa yang dimaksud dengan nilai waktu uang dan buatlah 1 perhitungan tentang nilai waktu uang sekarang/ saat ini dan nilai uang yang akan datang !

Nilai waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.

Future value adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap periode selama jangka waktu tertentu.
Contoh 1 soal perhitungan tentang nilai uang yang akan datang :

Biaya masuk perguruan tinggi saat ini adalah Rp50.000.000, berapa biaya masuk perguruan tinggi 20 tahun yang akan datang, dengan asumsi pemerintah mampu mempertahankan inflasi satu digit, misal 8% per tahun, dengan menggunakan fungsi fv(), masukkan nilai untuk parameter-parameter yang ada sebagai berikut :
•              Rate = 8%
•              Nper = 20
•              Pmt = 0, tidak ada angsuran yang dikeluarkan tiap tahunnya
•              Pv = -50000000, minus sebagai tanda cashflow bahwa kita mengeluarkan uang
•              Type = 0
Dari masukan diatas maka akan didapat nilai 233,047,857.19

      Jelaskan dengan singkat padat alasan mengapa perusahaan membutuhkan dana ?

Karena, untuk memperoleh sumber modal yang semurah-murahnya dan menggunakannya se-efektif, se-efisien, seproduktif mungkin untuk menghasilkan laba. Istilah penganggaran modal digunakan untuk melukiskan tindakan perencanaan dan pembelanjaan pengeluaran modal, seperti untuk pembelian peralatan baru untuk memperkenalkan produk baru, dan untuk memodernisasi fasilitas pabrik.
Penganggaran Modal–Suatu Konsep Investasi, sebab penganggaran modal melibatkan suatu pengikatan (penanaman) dana di masa sekarang dengan harapan memperoleh keuntungan yang dikehendaki di masa mendatang. Investasi membutuhkan dana yang relatif besar dan keterika tan dana tersebut dalam jangka waktu yang relatif panjang, serta mengandung resiko.

      Sebutkan apa saja metode penilaian investasi ?

      Metode average rate of retune
      Metode waktu pengambilan investasi
      Metode net present value
      Metode profitability index
      Metode internal rate of return

Metode ini sering pula disebut dengan istilah lain seperti payoff method  dan pay out method. Faktor yang menentukan penerimaan atau penolakan suatu usulan. Perhitungan Pay-back yang belum memperhitungkan Unsur Pajak Penghasilan 

Tidak ada komentar: