Senin, 02 November 2015

Tugas Sofskill 3 Etika Profesi Akuntansi



Kerangka Kosenptual Akuntansi

Pada dasarnya prosedur akuntansi akan menghasilkan output yang disebut laporan keuangan, laporan keuangan inilah yang akan menjadi dasar dalam pengambilan keputusan oleh pihak pengguna laporan keuangan tersebut, misalnya investor akan menggunakan laporan tersebut untuk menilai apakah suatu perusahaan benefit untuk disuntikkan modal, pemerintah menggunakan laporan keuangan untuk menentukan tarif pajak bagi perusahaan, ataupun pihak kreditor atau bank yang menggunakan laporan keuangan untuk menilai seberapa lama kredit yang diberikan dapat dikembalikan.
Agar dapat memberikan informasi yang berguna, penyusunan laporan keuangan harus berdasarkan standar dan aturan yang berlaku. Untuk itu pelaporan keuangan memerlukan kerangka konsep sebagai dasar penyusunan laporan keuangan. Karena standar yang dominan berlaku di dunia adalah IFRS, maka saya akan menjelaskan kerangka konsep ini melalui sisi IFRS.
Kerangka konseptual dibutuhkan agar aturan pelaporan keuangan dapat berguna dan tidak mengambang. IASB dan FASB masing-masing memiliki konsep tersendiri, dimana kerangka konseptual IASB tercermin pada dokumennya, sedangkan FASB ada pada pengembangan dokumen itu, sekarang FASB dan IASB telah bekerja sama untuk menghasilkan konsep yang dapat diterima secara umum.
IFRS membagi kerangka konseptual pelaporan keuangan kedalam tiga level yaitu, pertama adalah first level : basic objective, kedua second level : fundamental concept, ketiga third level : Recognition, measurement, and disclosure concept.

·         First level :  Basic Objective
Disini dijelaskan apa sebenarnya tujuan dari pelaporan keuangan, dimana tujuannya ialah menyediakan informasi yang berguna untuk investor yang ada dan yang berpotensial, kreditor, serta pemberi pinjaman dalam membuat keputusan terkait perannya sebagai penyedia modal.

·         Second level : Fundamental Concept
Tujuan dari laporan keuangan ialah memberikan informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan, kemudian akan saya jelaskan bagaimana implementasinya di level ketiga, lalu, apa fungsi dari fundamental concept ?, konsep dasar berguna menjadi pondasi yang menjelaskan laporan dalam bentuk kualitatif dan elemen laporan keuangan.
-          Karakteristik kualitatif informasi akuntansi
Karakteristik kualitatif mengidentifikasi alternatif yang menyediakan informasi paling berguna dalam pengambilan keputusan. Karakteristik kualitatif terdiri atas dua jenis terkait kegunaanya, yaitu, kualitas primer dan kualitas sekunder.
o   Kualitas Primer
Kualitas primer terdiri atas relevan dan reliabilitas, dimana relevan menjelaskan bahwa informasi akuntansi harus dapat mempengaruhi keputusan yang akan diambil, yang dapat mempengaruhinya ialah : 1. nilai prediktif, 2. nilai konfirmasi, sedangkan reliabilitas menjelaskan bahwa semua saldo dan penjelasan yang disajikan benar – benar ada dan terjadi, untuk dapat memenuhi reliabilitas unsur – unsur yang harus dipenuhi antara lain, 1. kelengkapan, 2. netral, 3. bebas dari kesalahan
o   Kualitas Sekunder
Kualitas sekunder sebenarnya merupakan pelengkap dari kualitas primer, agar dapat menjadikan laporan keuangan lebih berguna. Unsur – unsur kualitas sekunder ialah :
·         Dapat dibandingkan
·         Konsistensi
·         Tepat waktu
·         Dapat dipahami

-          Elemen Laporan Keuangan
Dalam laporan keuangan banyak istilah yang digunakan, istilah berikut yang sering digunakan ialah :
1.      Aset
2.      Kewajiban
3.      Ekuitas
4.      Pendapatan
5.      Beban

·         Third Level : Recognition, Measurement, and Disclosure Concept
-          Asumsi Dasar
Lima asumsi dasar dalam penyusunan laporan keuangan yang digunakan ialah :
·         Economic Entity : asumsi ini menjelaskan bahwa kekayaan pemilik harus dipisahkan dengan kekayaan perusahaan.
·         Going Concern : asumsi ini menjelaskan bahwa entitas didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan
·         Monetary Unit : asumsi ini menjelaskan bahwa transaksi yang terjadi harus dapat diukur dengan satuan uang
·         Periodicity : asumsi ini menjelaskan bahwa laporan keuanga dilaporkan dalam suatu jangka waktu tertentu
·         Accrual Basic : asumsi ini menjelaskan bahwa segala transaksi yang terjadi harus dicatat saat itu juga

Tidak ada komentar: