Sabtu, 24 Januari 2015

Tulisan 3 Bahasa Indonesia 2

Mengapa kota KARAWANG disebut KOTA GOYANG ??

JAKARTA (Pos Kota) – Karawang selain dikenal sebagai lumbung beras, juga kota ronggeng dan jaipong yang mengarah pada sebutan ‘Goyang Karawang’. Namun, Goyang Karawang selalu diidentikan dengan hal-hal negatif, terutama yang berbau seks. Goyang Karawang adalah goyangan penggoda birahi.
Anggapan tersebut pun dibantah penyanyi dangdut, finalis KDI 3, Tresna Mocka. “Itu penilaian yang salah. Sebenarnya Goyang Karawang itu nggak porno, nggak jorok, juga nggak menggoda birahi kaum pria,” ujar Tresna ketika ditemui di Radio Muara, Jakarta, kematrin.
Menurut dia, Goyang Karawang punya makna dalam sejarah perjuangan bangsa. “Goyang Karawang di masa penjajahan dulu adalah shandy atau kode perjuangan. Wanita-wanita yang menjadi mata-mata pejuang untuk memberitahu keberadaan musuh, mereka menggunakan kode goyangan,” tuturnya.
Tresna yang dikenal lewat lagu ‘Ineks’ atau Indahnya Nempel Kekasih itu, menambahkan; “Kalau si wanita menggoyangkan pantatnya ke kiri, artinya musuh ada di sebelah kiri. Jika goyang ke kanan, musuh ada di kanan. Nah, kalo goyangannya kiri, kan dan berputar, berarti musuh mengepung.”
Karena mengerti arti sejarah itu, Tresna pun tak merasa malu menjadi gadis asal Karawang. Karena itu pula dia menmbahkan kata Mocka di belakang namanya.
“Tresna mocka itu artinya Tresna mojang cantik Karawang,” imbuhnya sembari melepas tawa. (Anggara/b)


Sumber : http://poskotanews.com/2012/02/20/jangan-samakan-goyang-karawang-dengan-birahi/

Tidak ada komentar: